KAJEN, (HUMAS) — Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan mengadakan rapat koordinasi dengan para Kepala MAN, Kepala MTs N, Kepala MIN, Kepala RA beserta Ketua Kelompok Kerja Madrasah (KKM) di Ruang Rapat ZI pada Rabu, 5 Mei 2024. Rapat ini dipimpin oleh Plh Kasi Pendidikan Madrasah, H. Sujud, dan membahas dua agenda utama yaitu pelaksanaan Assessment Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) serta Kompetensi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2024.
Dalam sambutannya, Plh. KAsi Pendidikan Madrasah, Sujud menekankan pentingnya pelaksanaan AKGTK sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah. “AKGTK merupakan alat ukur penting untuk menilai kompetensi dan kemampuan profesional guru serta tenaga kependidikan. Dengan adanya assessment ini, kita dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada, sehingga bisa melakukan perbaikan yang diperlukan demi tercapainya pendidikan yang lebih baik,” ujar Sujud.
Ia juga menambahkan bahwa partisipasi aktif dari seluruh kepala madrasah dan KKM sangat diperlukan untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan AKGTK. “Kerjasama dan koordinasi yang baik antara seluruh pihak terkait sangat penting. Kami berharap seluruh kepala madrasah dapat mempersiapkan guru-gurunya dengan sebaik mungkin agar dapat mengikuti assessment ini dengan maksimal,” tambahnya.
Selain membahas AKGTK, rapat ini juga menyinggung tentang pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2024. KSM merupakan ajang bergengsi yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengukur kemampuan siswa madrasah dalam bidang sains. “KSM tidak hanya sekadar kompetisi, tetapi juga sarana untuk mengasah dan mengembangkan potensi siswa di bidang sains. Kami ingin agar siswa-siswa madrasah di Kabupaten Pekalongan dapat bersaing dan meraih prestasi di tingkat nasional bahkan internasional,” jelas Sujud.
Dalam rapat tersebut, para kepala madrasah dan KKM juga diberi kesempatan untuk memberikan masukan dan saran terkait pelaksanaan kedua program tersebut. Diskusi berlangsung aktif dan konstruktif, dengan berbagai ide dan usulan yang diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan AKGTK dan KSM di masa mendatang.
Kesimpulan dari rapat koordinasi ini adalah pentingnya persiapan matang dan kolaborasi antara semua pihak terkait untuk menyukseskan pelaksanaan AKGTK dan KSM 2024. Dengan komitmen dan kerja keras bersama, diharapkan kedua program ini dapat berjalan lancar dan memberikan hasil yang positif bagi peningkatan kualitas pendidikan madrasah di Kabupaten Pekalongan. (MTb)