KAJEN, (HUMAS) — Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan bekerja sama dengan PT Bank Jateng Tbk menyelenggarakan Excellent Service Training pada Rabu (14/08/2024) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan. Kegiatan ini diikuti oleh para petugas layanan front office dari berbagai satuan kerja di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, termasuk petugas layanan PTSP, PHU, KUA Kecamatan, dan Madrasah.
Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Imam Tobroni, yang dalam sambutannya menekankan pentingnya pelayanan prima sebagai bagian dari implementasi nilai-nilai agama dan tanggung jawab profesional. “Pelayanan prima adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap pegawai Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan. Memuliakan tamu adalah perintah agama. Masyarakat yang datang ke kantor kita adalah tamu yang harus kita muliakan, bukan hanya dengan suguhan makanan yang lezat, tetapi yang terpenting adalah dengan perilaku yang baik, sikap ramah, dan pelayanan prima yang kita berikan,” ungkap Imam Tobroni.
Imam Tobroni juga menegaskan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh ASN memiliki dampak langsung terhadap kepuasan masyarakat. “Kami mengundang narasumber dari kalangan profesional, seperti Manajer Bank dan Hotel, untuk memberikan pelatihan komprehensif kepada para petugas layanan. Dengan pelatihan ini, kami berharap seluruh pegawai, terutama yang berada di garis depan pelayanan, dapat memberikan layanan yang excellent, baik di Kantor, PHU, KUA, maupun di Madrasah,” tambahnya.
Lebih lanjut, Imam Tobroni menekankan pentingnya hasil dari pelatihan ini dalam mendukung pembangunan Zona Integritas di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan. “Pelatihan ini bukan hanya tentang meningkatkan kualitas pelayanan, tetapi juga merupakan bagian penting dari upaya kita membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Dengan memberikan pelayanan yang prima, kita menunjukkan komitmen kita dalam menciptakan birokrasi yang bersih, transparan, dan akuntabel. Ini adalah langkah konkret dalam mewujudkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi kita,” tegasnya.
Narasumber utama dalam kegiatan ini adalah General Manager Hotel Akasia, GM IN, dan GM Pemalang, Moy Widiyanto, Moy memberikan paparan mengenai teori dan praktik pelayanan prima, serta bagaimana menciptakan pengalaman positif bagi masyarakat yang menggunakan layanan.
Dalam kesempatan tersebut, Pimpinan Bank Jateng Kantor Cabang Kajen, Dri Sasongko, juga turut hadir dan memberikan sambutannya. Ia menyatakan bahwa kolaborasi antara institusi pemerintah dan sektor perbankan dalam pelatihan semacam ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik secara keseluruhan. “Terimakasih atas kerjasamanya, mudah mudahan acara ini bermanfaat dan bisa berkelanjutan.”ungkapnya
Melalui Excellent Service Training ini, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan standar pelayanan, guna memenuhi harapan masyarakat akan pelayanan yang profesional dan memuaskan. Kegiatan ini merupakan langkah nyata dalam mewujudkan lingkungan kerja yang bersih, transparan, dan melayani. (MTb)