MALANG, (HUMAS) — Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Strategi Komunikasi untuk Kehumasan yang berlangsung dari tanggal 25 hingga 27 Agustus 2024 di Atria Hotel Malang. Kegiatan ini dihadiri oleh Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Fitriyanto, yang memberikan paparan mengenai peran optimal humas dalam penyelenggaraan haji.
Dalam paparannya, Fitriyanto menekankan pentingnya humas sebagai agen informasi, yang bertugas mempublikasikan hal-hal positif terkait penyelenggaraan haji. Selain itu, humas juga memiliki peran sebagai penjernih informasi, yang berfungsi untuk mendeteksi dini dan melakukan mitigasi potensi persoalan dalam penyelenggaraan haji.
“Informasi haji harus diinformasikan secara jelas dan transparan kepada publik. Keberhasilan penyelenggaraan haji merupakan keberhasilan Kementerian Agama, sebab isu haji selalu berkembang sepanjang tahun,” ujar Fitriyanto.
Fitriyanto juga mengucapkan terima kasih atas dukungan media dan tim humas kabupaten/kota, yang turut andil dalam kesuksesan penyelenggaraan haji tahun 2024. Ia menekankan bahwa peran strategis humas sebagai jembatan komunikasi efektif antara PHU dengan jamaah sangat penting, khususnya melalui media sosial yang dapat menyampaikan informasi penting secara real-time terkait persiapan, pelaksanaan, dan kepulangan jamaah.
“Isu-isu terkini dalam penyelenggaraan haji perlu diedukasi kepada jamaah sejak masa manasik, sehingga mereka dapat mempersiapkan diri dengan baik,” tambahnya.
Beberapa isu terkini yang perlu diperhatikan antara lain skema murur di Arafah, Muzdalifah, dan Mina, kepadatan di Mina, peningkatan ekosistem ekonomi haji, pembiayaan haji, kebijakan penerapan istitaah kesehatan, serta persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2025.
Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan humas dalam menyampaikan informasi yang tepat dan akurat, serta memperkuat komunikasi antara Kementerian Agama dengan masyarakat luas, khususnya para jamaah haji. (MTb)