KAJEN, (HUMAS) — Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah resmi membuka kegiatan asesmen jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Agama. Acara pembukaan ini diselenggarakan secara virtual melalui Zoom dan diikuti oleh seluruh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Di Kabupaten Pekalongan, kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, dengan para peserta berkumpul untuk menyaksikan pembukaan asesmen secara daring.
Hadir dan membuka acara secara resmi, Kepala Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI, Wawan Djunaedi, menyampaikan dalam sambutannya bahwa Kementerian Agama akan melakukan profiling terhadap semua pegawai sebagai bagian dari pemetaan pegawai. “Profiling ini adalah tahapan pertama yang sangat penting dalam manajemen talenta, yang bertujuan untuk memastikan penempatan pegawai sesuai dengan kompetensinya masing-masing,” jelas Wawan.
Asesmen ini akan menjadi dasar untuk pengisian berbagai jabatan, baik jabatan pelaksana, jabatan pengawas (eselon IV), maupun Jabatan Pratama. Wawan menegaskan pentingnya pelaksanaan asesmen ini sebagai alat ukur yang tepat untuk mengetahui kompetensi pegawai guna mendukung efisiensi dan efektivitas di lingkungan Kementerian Agama.
Sementara itu, Analis SDM Aparatur Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Suningsih, juga turut memberikan arahan terkait pelaksanaan asesmen di wilayahnya. Ia menjelaskan bahwa asesmen ini diadakan untuk mengisi beberapa posisi yang saat ini kosong, di antaranya:
- Jabatan Pengawas (Eselon IV)
- Kepala Urusan Tata Usaha Madrasah
- Kepala Madrasah, khususnya untuk Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN)
Suningsih menambahkan bahwa pelaksanaan asesmen akan berlangsung pada 3 – 6 Oktober 2024 di UPT BKN Semarang. Kegiatan ini akan dilakukan melalui Computer Assisted Test (CAT) dan dibagi dalam beberapa sesi, di mana masing-masing sesi akan berlangsung selama 4,5 jam.
Ia juga menyampaikan motivasinya kepada seluruh peserta asesmen, “Semangat untuk mengikuti setiap tahapan asesmen ini. Semoga semua peserta mendapatkan hasil yang terbaik, sehingga nantinya dapat ditempatkan pada jabatan yang sesuai dengan kompetensi masing-masing.”
Selain itu, Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Gunawan, hadir secara langsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan untuk menyaksikan pembukaan asesmen ini. Dalam pesannya, Gunawan menekankan pentingnya kompetensi dan integritas dalam setiap jabatan. “Saya berharap seluruh peserta dapat mengikuti asesmen ini dengan serius dan sungguh-sungguh. Pemetaan ini adalah langkah awal yang sangat penting dalam menentukan arah karir dan penempatan yang tepat. Integritas dan kompetensi harus selalu dijunjung tinggi dalam setiap jabatan yang diemban.”
Gunawan juga mengingatkan para peserta untuk tetap optimis dan percaya diri dalam menghadapi seluruh tahapan asesmen. “Manfaatkan kesempatan ini untuk menunjukkan kemampuan terbaik Anda. Semoga hasil dari asesmen ini dapat memberikan manfaat besar bagi pengembangan karir Anda serta meningkatkan kualitas pelayanan di Kementerian Agama,” tutupnya.
Dengan adanya kegiatan asesmen ini, diharapkan proses pemetaan dan penempatan pegawai di lingkungan Kementerian Agama dapat berjalan lebih optimal dan menghasilkan sumber daya manusia yang tepat untuk mendukung kemajuan instansi. (MTb)