KAUMAN, (HUMAS) — Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, MIM Kauman menerima kunjungan istimewa dari siswa-siswi SDM Paesan Kedungwuni. Rombongan kecil yang terdiri dari 56 siswa kelas 3 dan 2 guru ini tiba setelah MIM Kauman melaksanakan apel Hari Santri, membawa semangat kolaborasi antar lembaga pendidikan Muhammadiyah.
Wakil Kepala Madrasah, Ninik Kusmiyati, menyampaikan, “Kedatangan mereka bertujuan untuk melaksanakan kegiatan moving class yang merupakan program dari madrasah. Selain bersilaturrahmi, tujuan kegiatan ini adalah untuk belajar dan bermain bersama teman-teman dari sekolah Muhammadiyah. Semoga kegiatan ini menyenangkan dan menambah semangat siswa-siswi dalam belajar.”
Siswa kelas 3 MIM Kauman menyambut hangat kedatangan tamu mereka di kelas yang terletak di lantai 2 gedung Agus Salim. Rangkaian acara yang telah disusun dengan menarik mencakup perkenalan, senam bersama, belajar matematika, pembelajaran IPAS, serta makan siang bersama.
Senam pagi dipimpin oleh guru olahraga MIM Kauman, Yusril Ihza Maulana, dan M. Hisyam Zaen. Setelah sesi senam, siswa beristirahat sebelum melanjutkan ke pembelajaran matematika. Kegiatan matematika dipandu oleh Caritun, dengan materi tentang pecahan. Pembelajaran dilakukan dengan model yang menarik, di mana siswa dibagi ke dalam kelompok dan setiap kelompok didampingi oleh guru MIM Kauman.
Tidak kalah menarik, pembelajaran IPAS kali ini melibatkan praktik membuat diorama metamorfosis kupu-kupu. Dengan alat peraga yang disiapkan oleh Bu Vivin dari SDM Paesan sebagai pemateri, anak-anak tampak senang dan antusias mengikuti setiap langkah dalam pembuatan diorama tersebut.
Kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama di kantin madrasah dan sholat berjamaah, menambah kebersamaan dan keakraban antar siswa. Acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari masing-masing sekolah dan sesi foto bersama yang penuh canda tawa, menandai momen berharga dalam perayaan Hari Santri ini.
Kegiatan kolaboratif ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya dalam membangun sinergi dan persaudaraan, serta meningkatkan semangat belajar siswa melalui interaksi yang positif. (LP/MTb)